VERB BAHASA INGGRIS -SEBUAH KEGALAUAN-


PENDAHULUAN

Halo semuanya, jumpa lagi dengan Britamerica. Malam ini kita akan sedikit membahas tentang grammar Bahasa Inggris. Sebenarnya saya ingin membuat postingan tentang reference letter hari ini namun karena tersadar bahwa ada sedikit kebimbangan mengenai verb dalam Bahasa Inggris, saya putuskan untuk membahas ini dulu saja.

BERBAGAI PENDAPAT MENGENAI VERB

Oke, mari kita mulai membicarakan verb dengan mempertimbangkan beberapa pendapat yang selama ini beredar. Selama ini, saya mendengar beberapa orang mengatakan bahwa verb jumlahnya ada 16. Sebagian yang lain mengatakan bahwa jumlah verb ada 12. Dulu sempat bingung dan pertanyaan tentang verb ini menjadi salah satu pertanyaan paling “unsettling” dalam sejarah kuliah linguistik.  Sampai sekarang pun masih belum jelas jumlahnya ada berapa, but at least saya sudah menemukan beberapa penjelasan untuk tiga kemungkinan yang ada.

PENDAPAT PERTAMA

Pendapat ini masih sangat umum dimiliki oleh sebagian besar orang yang saya tanya “ada berapa verb dalam Bahasa Inggris?”. Dulu saya juga sempat berpikir bahwa verb ada 16. Namun itu dulu sekali ketika masih SMA. Sepertinya, saya dulu menganggap conditional sentence juga merupakan verb sehingga mendapat angka 16 tersebut but, it is actually possible. Satu hal yang membuat saya bingung adalah beberapa contoh seperti kombinasi Past Future Tense yang aneh menurut saya karena bagaimana mungkin sesuatu terjadi di masa depan dan masa lalu secara bersamaan L. Anyway, dalam beberapa contoh, susunan S+to be (past)+going to+V inf+C sering disebut sebagai Past Future Continuous Tense, dimana to be+going to ini menggantikan modal will dengan sedikit perbedaan bahwa future tense going to akan dilakukan dalam waktu dekat (tidak seperti will+Vinf). Saya sendiri masih agak sangsi dengan pendapat ini. Well, wallahu alam.

PENDAPAT KEDUA

Saya mendengar pendapat kedua ini dari keterangan senior yang lulus dari Applied Linguistics University of Edinburgh dan sempat ketemu (dan memberikan fakta-fakta menarik -namun menohok- tentang Bahasa Inggris yang sebagian besar tidak saya ketahui). Mas ini mengatakan bahwa verb dalam Bahasa Inggris sebenarnya ada 12. Mas ini juga menolak kepercayaan 16 verb karena ada tabrakan Tense Past dan Future seperti apa yang sudah saya jelaskan tadi. Verb sendiri terdiri dari 2 elemen penting yaitu:
Tense (the time when certain action, state or event happens, consisting of Past, Present, and Future)
Aspect (grammatical category which expresses how an action, event or state extends over time, consisting of Simple, Continuous, Perfect, and Perfect Continuous). The notion is better explained by following table:
Tense
Past
Present
Future
Aspect
Simple
Simple Past Tense
S+V2+C
Simple Present Tense
S+V1+C
Simple Future Tense
S+will+V inf+C
Continuous
Past Continuous Tense
S+was/were+Ving+C
Present Continuous Tense
S+is/am/are+Ving+C
Future Continuous Tense S+will+be+Ving+C
Perfect
Past Perfect Tense
S+had+V3+C
Present Perfect Tense S+has/have+V3+C
Future Perfect Tense S+will+have+V3+C
Perfect Continuous
Past Perfect Continuous Tense
S+had+been+Ving+C

Present Perfect Continuous Tense
S+has/have+been+Ving+C
Future Perfect Tense S+will+have+been+Ving+C

Keterangan Tense
Past adalah segala sesuatu yang terjadi di masa lampau
Present adalah segala sesuatu yang terjadi di masa kini
Future adalah segala sesuatu yang terjadi di masa depan
Keterangan Aspect
Simple adalah aspect yang menjelaskan: sesuatu yang sifatnya habitual, sesuatu yang selalu terjadi atau dilakukan, serta general fact atau fakta yang bersifat umum
Continuous adalah sesuatu yang sedang terjadi dan masih on progress
Perfect adalah sesuatu yang sudah terjadi atau yang sudah selesai dilakukan
Perfect Continuous adalah sesuatu yang sudah dilakukan (for some time) dan masih dilakukan sampai sekarang
(sudah mulai pusing?)
C disini adalah Complement yang sifatnya opsional. Sobat mungkin sudah tahu bahwa yang wajib ada dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris adalah Core (S+V) sedangkan selain Core disebut Complement. Ada banyak kemungkinan sih C ini, bisa:
S+V+O
S+V+Adv
S+V+O+Adv
S+V+ Gerund phrase
S+V+ To infinitive phrase
Dst.

PENDAPAT KETIGA

Nah, pendapat ketiga ini agak problematic karena saya hanya membaca pendapat beberapa ahli Bahasa. Jadi beberapa dari mereka ini berpendapat bahwa Verb di Bahasa Inggris hanya 8 (Lho kok bisa?). Iya. Ini terjadi karena mereka menganggap Future bukan sebagai Verb (Lho kok bisa? (2) ). Nah itu, sobat pasti tahu bahwa ada dua aturan yang secara ketat mengatur Verb, yaitu Tense dan Number. Tense ini biasanya disematkan dengan pemberian inflection pada verb asli, seperti pada kasus inflection -s di “walks” atau inflection –ed di “walked”. Somehow, Future ini bukannya menggunakan aturan inflection tapi malah menggunakan aturan Modal+V inf yang beda sendiri dengan teman-teman sejawatnya. Karena sifat berani beda inilah, Future terkadang tidak dianggap sebagai Verb. Jika mempertimbangkan penggunaan Verb dalam Bahasa lain seperti Bahasa Perancis, maka pendapat ketiga ini menjadi agak problematic karena kombinasi aller+infinitive (seperti di Je vais aller en Francais) sendiri masih dianggap sebagai Verb. Saya sendiri masih mencari aman dengan tidak menggunakan pendapat ketiga ini. Masih perlu belajar lagi untuk menegaskan pendapat ketiga tentang 8 Verb dalam Bahasa Inggris. So if you folks have any opinions, feel free to share. For the sake of improvement laah.

Sekian penjelasan galau saya tentang Verb dalam Bahasa Inggris. Kurang lebihnya, harap maklum.


-Ross

0 Reviews

Write a Review