Types of Sentences

Halo guys, selamat bertemu kembali. Kali ini kita akan membahas tentang types of sentences atau macam-macam kalimat. Well, pada dasarnya, ada tiga jenis kalimat yang wajib kita ketahui dalam Bahasa Inggris, yaitu simple sentence (kalimat sederhana), compound sentence (kalimat majemuk setara) dan complex sentence (kalimat majemuk bertingkat. Namun, ketiga jenis kalimat ini dapat dikembangkan ke dalam berbagai jenis kalimat lainnya dilihat dari sisi yang berbeda-beda. Yuk kita bahas ya.

A. Simple Sentence
Simple sentence merupakan kalimat dengan bentuk yang paling sederhana karena hanya memiliki satu subject dan satu verb. Contoh:
1. I love you.
2. She eats bread.
3. They are learning English.
Simple sentence memiliki beberapa pola seperti SV, SVV, SSV, & SSVV. Berikut masing-masing contoh dari pola-pola tersebut:
a. SV
1. We are always on time.
2. You look so nervous.
3. He slept on the bench.
b. SVV
1. I listen to music and read a newspaper.
2. My mother went to the market and bought some vegetables.
3. The policeman shot and killed the murderer.
Ket* Meskipun terdapat lebih dari satu verb pada kalimat di atas, namun verbs tersebut terhitung sebagai sebuah kesatuan karena memiliki subject yang sama. Hal ini juga berlaku pada pola SSVV.
c. SSV
1. You and I have some similarities.
2. The cat and the dog always play together.
3. My father and my mother passed away two years ago.
d. SSVV
1. Anton and Duta go to the hospital and visit Eross.
2. The teacher and his assistant asked the students to open the book and let them read it.
3. The president of Indonesia and his wife left for Japan and stayed there for couple of days.

B. Compound Sentence
Compound sentence atau kalimat majemuk setara merupakan gabungan satu atau lebih simple sentence yang dihubungkan oleh kata penghubung setara (coordinate conjunction) seperti and (dan), but (tapi), or (atau), so (jadi), for (karena), dan yet (tetapi). Contohnya:
a. I will come to office today, and you should accompany me. 
b. They are dilligent staff, and you aren’t.
c. His computer does not work appropriately, but mine does.
Compound sentence dapat diubah menjadi simple sentence jika subject pada kalimat-kalimatnya sama. Contoh:
1. I went to the market, but I didn’t buy anything. (Compound)
I went to the market but didn’t buy anything. (Simple)
2. My sister doesn’t like a cat, but she really likes a dog. (Compound)
My sister doesn’t like a cat but really likes a dog. (Simple)

C. Complex Sentence

Complex sentence atau kalimat majemuk bertingkat merupakan kalimat yang terdiri dari main clause (induk kalimat) dan sub clause (anak kalimat). Main clause merupakan kalimat yang independen karena telah memiliki makna yang jelas atau sempurna walau tanpa tambahan anak kalimat. Sedangkan, sub clause bersifat dependen atau tidak bisa berdiri sendiri tanpa induk kalimat karena akan memiliki makna yang rancu atau gantung. Sub clause selalu diawali dengan sub-ordinate conjunction seperti because, when, what, that, although, etc. Perhatikan kalimat di bawah ini:

I didn’t go to the party because she didn’t invite me.

I didn’t go to the party merupakan induk kalimat atau main clause. Tanpa ‘because she didn’t invite me’ pun makna kalimatnya sudah jelas. Sebaliknya, ‘because she didn’t invite me.’ merupakan anak kalimat atau cub clause. Kalimat ini kurang jelas maknanya jika tidak digabungkan dengan induk kalimat. Anak kalimat ini berarti ‘karena dia tidak mengundangku’. Sudah tentu kita akan bertanya-tanya apa yang terjadi jika dia tidak mengundangmu atau apa yang kamu lakukan jika dia tidak mengundangmu. Kalimat ini baru jelas maknanya jika digabung dengan induk kalimat diatas sehingga membentuk makna yang jelas, yaitu ‘Saya tidak datang ke pesta itu karena dia tidak mengundangku.’
Dalam Writing, anak kalimat bisa ditempatkan sebelum atau setelah induk kalimat / main clause, namun penulisannya berbeda. Pada contoh di atas, anak kalimat ditulis setelah induk kalimat. Jika anak kalimat mendahului induk kalimat, maka penulisannya harus seperti ini:

Because she didn’t invite me, I didn’t go to the party.

Jika anak kalimat mendahului induk kalimatnya, maka harus ada pemisah koma di antaranya.

Compound sentence juga dapat diubah menjadi simple sentence yang dikenal dengan istilah reduced sentence. Pada dasarnya reduced sentence merupakan kalimat yang diringkas dengan cara menghilangkan subject dan verb anak kalimatnya. Hal ini hanya dapat dilakukan jika subject anak kalimat tersebut sudah jelas atau sudah disebutkan sebelumnya. Contoh:

The man who stands in front of the office is my uncle.

The man is my uncle merupakan induk kalimat sedangkan who stands in front of the office merupakan anak kalimatnya. Anak kalimat ini bisa diringkas karena subjectnya ‘who’ sudah jelas mengacu pada ‘the man’. Who yang berfungsi sebagai subject dapat dihilangkan dan verb ‘stands’ diubah menjadi present participle ‘standing’. Ka
limat reduced untuk compound sentence di atas adalah:
The man standing in front of the office is my uncle.
Sudah jelas? Kalau belum harus bersabar ya. Kita akan membahas tentang reduced sentence secara lebih detail pada post-post yang akan datang. Semoga bermanfaat.

0 Reviews

Write a Review