TOEFL Tips – Soal-soal yang Berkaitan dengan Verb

TOEFL memiliki tiga sub-tes yang salah satunya adalah Structure and Written Expression. Pada sub-tes Structure and Written Expression TOEFL, sering sekali kita menjumpai soal yang berkaitan dengan Verb atau kata kerja. Soal ini beragam jenisnya, dan akan kita bahas semuanya pada postingan ini.

Melengkapi Kalimat Rumpang
Perlu anda ingat bahwa sebuah kalimat dalam Bahasa Inggris setidaknya harus memiliki sebuah Subject dan sebuah Verb. Jika salah satunya tidak terdapat pada kalimat, maka bisa dipastikan bahwa kalimat tersebut kurang tepat. Mengecek kelengkapan Subject dan Verb adalah hal pertama yang harus anda lakukan setiap kali mengerjakan soal Structure and Written Expression. Perhatikan contoh di bawah ini!

Howard ____________ the muffin very much

a. Likes
b. The taste
c. Yesterday
d. He likes

Pada contoh di atas, kalimat tersebut sudah memiliki sebuah Verb yakni kata “Howard”, namun belum memiliki sebuah Verb. Karena anda membutuhkan Verb sebagai jawaban, maka anda bisa langsung mengeliminasi opsi b dan c, karena “The taste” adalah Noun Phrase bukan Verb, dan “Yesterday” adalah Adverb of Time bukan Verb. Sekarang hanya tersisa dua jawaban a dan d. Jika anda perhatikan, opsi d sebenarnya hampir benar, namun kita tak lagi membutuhkan Subject “he” karena kita sudah memiliki sebuah Subject. Jawaban yang paling tepat bagi pertanyaan ini adalah

a. Like


Subject-Verb Agreement
Dalam Bahasa Inggris, sebuah Subject dan Verb harus saling bersesuaian. Ada aturan Tenses dan Number yang mengatur sebuah Verb, dan soal TOEFL sering sekali menguji kemampuan kita untuk memahami aturan yang berkaitan dengan Subject dan Verb ini. Perhatikan contoh berikut ini!

The children _______ always so excited to visit the candy store
a. were
b. was
c. are being
d. are

Soal di atas membutuhkan sebuah Verb, dan bisa anda lihat bahwa opsi a sampai d merupakan sebuah Verb. Kita harus menemukan Verb yang bersesuaian dengan Subject yang ada dengan mempertimbangkan aturan Tense dan Number. Mari kita mulai dengan aturan Tense terlebih dahulu.

Ada tiga Tenses dalam Bahasa Inggris, yakni Past, Present dan Future. Past menjelaskan waktu lampau, Present menjelaskan masa kini, sedangkan Future menjelaskan masa yang akan datang. Selain Tenses, ada empat Aspect yang juga berkaitan erat dengan Verb Bahasa Inggris. Aspect adalah ciri internal yang menjelaskan sebuah Verb. Misal, kita memiliki Aspect “simple” dalam kata kerja Bahasa Inggris. Simple Verb menjelaskan sesuatu yang terjadi berulang-ulang, kebiasaan, fenomena alam, serta fakta yang bersifat umum. Misal, sun rises from the east adalah sebuah fakta umum yang pasti akan menggunakan Simple Verb.

Ada beberapa Adverb yang biasanya akan disandingkan dengan Simple Tense. Adverb ini dapat menjadi hint saat anda menjawab pertanyaan TOEFL. Simple Tense biasanya bersandingan dengan Adverb often, always, usually, habitually, dan lain sebagainya. Pada contoh di atas misalnya, ada Adverb “always” yang menandakan bahwa kita membutuhkan Verb dalam Simple Present Tense.

Selain aturan Tenses, kita juga harus mempertimbangkan aturan Number yang erat kaitannya dengan Subject. Suject kalimat di atas adalah “children” yang berjumlah lebih dari satu, maka kata kerja yang menyertainya pun harus Verb yang sesuai untuk Subject yang berjumlah lebih dari satu. Jawaban yang paling tepat bagi soal ini adalah

d. are

Subject of Preposition
Subject of Preposition sebuah Subject yang disandingkan dengan Prepositional Phrase. Subject of Preposition adalah salah satu soal yang sering membingungkan test takers. Banyak orang yang kesulitan menentukan Noun mana yang digunakan sebagai acuan untuk Verb yang menyertainya. Noun yang harusnya berfungsi sebagai Subject adalah Noun yang terletak sebelum Preposition. Perhatikan contoh berikut ini!

A group of junior students ____________ the basketball team

a. Joining
b. Are joining
c. Join
d. Is joining 

Jika anda perhatikan, Subject of Preposition di atas dapat diuraikan sebagai berikut:

A group (Subject) of junior students (Prepositional Phrase)
Banyak orang yang mengira bahwa Subject kalimat di atas berjumlah lebih satu, karena kata “students” memiliki infleksi “s” yang menandakan pluran Noun. Padalah, Subject yang sebenarnya dalah kata A group yang hanya berjumlah satu. Anggotanya memang banyak, tapi grup nya kan cuma satu, maka jawaban yang tepat bagi pertanyaan di atas adalah:

d. Is joining


Memahami Adjective Clause dalam Bentuk Reduced Form 
Banyak orang yang salah mengartikan Gerund sebagai Verb, yang seharusnya berfungsi sebagai Adjective Clause. Perhatikan contoh berikut ini!

The guy walking in the park is my father


Kalimat di atas memiliki Subject “The guy”, dan Linking Verb “is”. Gerund “walking” bukanlah kata kerja, melainkan Adjective Clause yang fungsinya adalah menjelaskan Subject”The guy”.  Kalimat ini sebenarnya terdiri dari dua klausa, yakni klausa utama dan klausa terikat dalam bentuk Adjective Clause. Perhatikan uraian berikut ini!


The guy (Subject) walking in the park (Adjective Clause) is (verb) my father (Object)


Karena fungsi yang hanya sebagai penjelas, Adjective Clause walking in the park dapat dihilangkan agar hanya tersisa Main Clause nya saja, sehingga kalimat tersebut menjadi:


The guy is my father


Adjective Clause di atas adalah bentuk yang direduksi. Bentuk lengkap dari Adjective Clause tersebut sebenarnya menggunakan sebuah connector who:


The guy who walks in the park is my father


Kalimat di atas adalah kalimat aktif, sehingga Adjective Clause nya dirubah ke dalam bentuk Gerund. Jika kalimat berbentuk passive form, maka Adjective Clause nya direduksi ke dalam bentuk past participle. Perhatikan contoh berikut ini!


The student ____________ a picture there is Andy


a. Takes

b. Is taking
c. Taking
d. Taken

Jika aturan Adjective Clause diaplikasikan ke dalam soal, maka jadinya akan seperti contoh di atas. Kalimat tersebut sudah memiliki Verb “is” sehingga tidak mungkin kita menambahkan Verb lagi. Maka, opsi a dan b sudah pasti salah. Kita membutuhkan sebuah Adjective Clause yang akan menjelaskan Subject “The student”. Karena kalimat tersebut adalah kalimat pasif, maka kita harus menggunakan Gerund. Jawabang yang paling tepat untuk soal di atas adalah:


b. Is taking


Penggunaan Past Participle sebagai Adjective Clause

Selain Gerund, Adjective Clause juga dapat dibentuk menggunakan Past Participle. Penggunaan Past Participle sebagai Adjective Clause ini berlaku untuk kalimat pasif, dan juga dapat direduksi. Perhatikan contoh berikut ini!

The book ____________ by Andy is expensive


a. steal

b. is stealing
c. stolen
d. is stolen

Pada contoh di atas, sudah terdapat Verb yakni “is” sehingga opso a dan b tidak mungkin dapat digunakan. Sekarang tersisa opsi c dan d. Opsi d sebenarnya hampir benar. Hanya saja, tidak ada connector “which” yang memisahkan klausa utama dan klausa kata sifat sehingga opsi jawaban d kurang tepat. Opsi yang palng tepat bagi jawaban di atas adalah:


c. stolen 


Jika ditulis secara lengkap dan diuraikan, maka kalimat tersebut akan menjadi:


The book (Subject) stolen (Adjective clause) by Andy (by+O/Prepositional Phrase) is (Linking Verb) expensive


Adjective Clause “stolen” di atas adalah bentuk yang sudah direduksi.bentuk lengkap dari Adjective Clause tersebut sebenarnya menggunakan connector which, sehingga bentuk lengkapnya menjadi seperti ini:


The book which is stolen by Andy is expensive


Preposition Since dan For untuk Perfect Tense

Perfect Tense menjelaskan sesuatu yang sudah terjadi atau sudah selesai (completed action). Sususan perfect Tense sendiri dapat dijabarkan sebagai berikut:

Subject + have/has + V3 + Complement


Pada beberapa contoh, Perfect Tense menjelaskan completed action dengan disertai durasinya, dan pada kasus ini, kata since dan for akan digunakan. Since dalam Bahasa Indonesia berarti “sejak” sendangkan for berarti “selama”. Perhatikan contoh berikut ini!


I _______________ here since 1996


a. lived

b. have lived
c. living
d. is living

Pada contoh di atas, di jelaskan bahwa Subject I telah tinggal disitu (here) sejak tahun 1996. Jika dihitung dari saat Subject I berkata demikian dan tahun saat ia mulai tinggal, anda bisa mengetahui berapa lama ia tinggal disitu. Karena ada kata “since” yang menunjukkan durasi sebuah action, maka jawaban yang paling tepat adalah opsi jawaban yang terdapat Perfect Tense. Maka, jawaban yang tepat bagi soal di atas adalah:


b. have lived 


Sama hal nya dengan since, for juga menjelaskan durasi dari sebuah action. Dari contoh di atas, misal pembicara berkata demikian pada tahun 2019. Maka ia sudah tinggal disitu selama 23 tahun. Jika kita menggunakan kata for, maka soal di atas akan menjadi seperti ini:


I ____________ for 23 years


a. lived

b. have lived
c. living
d. is living

Jawaban yang tepat bagi soal di atas pun adalah opsi yang terdapat Perfect Tense di dalamnya yakni:


b. have lived 


Penggunaan Past Perfect Tense

Selain Present Perfect Tense yang sudah saya jelaskan sebelumnya, ada juga soal yang menggunakan Past Perfect Tense. Kita sering merasa bingung dengan perbedaan keduanya, meskipun secara konteks waktu terjadinya sesuatu memang sangat berbeda di antara keduanya. Perhatikan contoh berikut ini!

a. I have lived here for 23 years (Present Perfect Tense)


b. I had lived here for 23 years (Past Perfect Tense)


Pada contoh a yang menggunakan Present Perfect Tense, Subject I sudah tinggal disitu selama 23 tahun dan masih tinggal disitu dalam rentang waktu yang masih tidak diketahui. Lain hal nya dengan contoh b yang menggunakan Past Perfect Tense, dimana Subject I sudah tinggal disitu selama 23 tahun dan sudah tidak tinggal disitu lagi. Past Perfect Tense menjelaskan sesuatu yang menjelaskan sebuah action yang dimulai di masa lampau, terjadi di masa lampau,dan selesai juga di masa lampau. Jika digambarkan pada sebuah timeline, maka akan terlihat seperti berikut:





Perfect Tense
Perbedaan Past dan Present Perfect Tense



Perhatikan contoh soal berikut ini!


The building was constructed in 1823, despite the fact that it ____________ been designed in 1821


a. had

b. has
c. have
d. will have

Jika anda perhatikan, bangunan tersebut sudah dibangun pada 1823, yang berarti desainnya sudah selesai dikerjakan sebelum tahun tersebut. Tahun 1821 adalah tahun dimana desain mulai dikerjakan. Kedua tindakan tersebut mulai dilakukan di masa lampau, dilakukan di masa lampau dan selesai dilakukan di masa lampau. Maka Past Perfect Tense adalah jawaban yang paling tepat.





a. had 



Modal dan Verb Infinitive
Dalam Bahasa Inggris, kita mengenal berbagai macam Verb, dan Infinitive Verb adalah salah satunya. Verb infinitive adalah Verb yang tidak terpengaruh oleh Tense atau Aspect apapun. Perhatikan contoh dan penjelasan berikut ini!


To be dalam Bahasa Inggris
Berbagai Bentuk To Be



To be memiliki bentuk yang beragam tergantung Tenses dan juga Aspect nya. Namun bentuk dasar dari to be sendiri adalah Verb Infinitive “be”. Dalam Bahasa Inggris, Verb dalam bentuk Modal seperti can, could, will, would, should, shall, dan lain sebagainya harus selalu diikuti oleh Verb Infinitive, dan bukan Verb bentuk lain. Perhatikan contoh penjelasan berikut ini!





She can walk (benar), dimana She (Subject) can (Modal) walk (Verb Infinitive)



She can walks (salah), dimana She (Subject) can (Modal) walks (Verb, dalam bentuk Simple Present Tense)



Sekarang, perhatikan contoh berikut ini!



George should __________ a better medication



a. has

b. have
c. had
d. to have




Jawaban yang paling tepat bagi pertanyaan di atas adalah opsi yang terdapat Verb Infinitive. Opsi a dan c pasti salah. Jawaban yang tepat bagi pertanyaan di atas adalah:



b. have  


Verb setelah Preposition
Pada beberapa kasus, kita dihadapkan pada tipe soal yang terdapat sebuah Preposition dan harus mencari kombinasi yang sesuai. Pada materi sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa Preposition hanya bisa diikuti oleh Gerund, dan bukan V1, V2 ataupun V3. Perhatikan contoh berikut ini!



I always cross the river by ___________ on a traditional boat


a. Row
b. To row
c. Rowing
d. Is rowing




Pada kalimat tersebut, terdapat Preposition by sebelum blank space, yang berarti kita hanya dapat menggunakan sebuah Gerund sebagai jawaban. Row, to row, dan is bukanlah Gerund yang dapat dikombinasikan dengan Preposition, sehingga opsi a, b, dan d pasti salah. Jawaban yang paling tepat bagi soal di atas adalah:



c. Rowing  




Verb dan Conjunction
Pada beberapa contoh soal, anda akan dihadapkan pada Conjunction and dan or, yang memiliki aturan tersendiri dalam grammar Bahasa Inggris. Aturan ini sangat simple. Intinya, apa yang ada di depan Conjunction harus sama dengan apa yang ada di belakang Conjunction. Perhatikan contoh berikut!



On Saturday, I usually work out, watch TV, and do my chores



Perhatikan kata yang bergaris bawah. Karena sebelum Conjunction and terdapat kata kerja dalam bentuk Simple Present Tense (work out dan watch), maka kata yang berada di belakang Conjunction and juga harus sebuah kata kerja dalam bentuk Simple Present Tense.



Perhatikan contoh berikut ini!



She is really good at calculating and _______________



a. memorizing

b. memory
c. memorize
d. to memorize




Jika anda perhatikan, kata kerja calculate ditulis dalam bentuk Gerund karena didahului oleh Preposition “at”. Karena sebelum Conjunction and terdapat Gerund, maka kata kerja yang muncul setelah Conjunction juga harus dalam bentuk Gerund. Jawaban yang paling tepat bagi contoh soal di atas adalah:



a. memorizing  




Verb dan Tenses
Pada beberapa soal, anda harus menentukan Verb berdasarkan Tense yang tepat. Pada kasus seperti ini, biasanya akan ada hint yang menunjukkan apakah sesuatu terjadi di masa lampau, masa kini atau masa yang akan datang. Perhatikan contoh berikut ini!



I ____________ a football match with my friends yesterday



a. am watching

b. watched
c. watch
d. watches




Dari contoh soal di atas, kita melihat adanya hint Adverb of Time yesterday, yang artinya Subject melihat pertandingan sepak bola pada masa lampau. Verb yang tepat digunakan sebagai jawaban adalah Verb dalam bentuk Past Tense, sehingga jawaban yang paling tepat adalah:



b. watched  





Beberapa Adverb lain yang dapat menjadi hint bagi Past Tense adalah: Two days ago, last night, last week, last two weeks, last month, last year, dan lain sebagainya




Gunakan Irregular Verb dengan benar
Dalam Bahasa Inggris, ada kata kerja yang beraturan dan tidak beraturan. Pada Verb yang bentuknya beraturan, tidak ada perbedaan antara V2 dan V3, karena keduanya sama-sama dibubuhi infleksi -ed. Namun pada irregular Verb, anda harus menghafalkan bentuk V2 dan V3 sekaligus, karena bentuknya sama sekali berbeda. Perhatikan contoh berikut!



I ________ to the bar last night



a. Go

b. Am going
c. To go
d. Went




Pada contoh soal di atas, kita tahu bahwa Verb yang digunakan harus dalam bentuk V2. Kata kerja go adalah salah satu kata kerja yang tidak beraturan, dimana V1, V2 dan V3 nya memiliki bentuk yang sama sekali berbeda, yakni: go/goes – went – gone. Jawaban yang paling tepat bagi contoh soal di atas adalah:



d. Went  



Berikut adalah beberapa contoh Irregular Verb dalam Bahasa Inggris



See – saw – seen

Find – found – found
Speak – spoke – Spoken
Take – took – taken
Make – made – made
Buy – bought – bought
Sell – sold – sold
Forget – Forgot – Forgotten
Forgive – Forgave – Forgiven
Meet – met – met
Run – ran – run
Sing – sang – sung
Fight – fought – fought
Fly – flew – flown
Is, am, are – was, were – been
Blow – blew – blown
Shake – shook – shaken
Choose – chose – chosen
Drive – drove – driven
Write – wrote – written
Foresee – Foresaw – Foreseen
Get – got – got
Say – said – said
Saw – sawed – sawn
Arise – arose – arisen
Awake – awoke – awaken
Become – became – become
Begin – began – begun
Bind – bound – bound
Break – broke – broken
Bring – brought – brought
Build – built – built
Breed – bred – bred
Burn – burnt/burned – burnt/burned
Catch – caught – caught
Come – came – come
Deal – dealt – dealt
Draw – drew – drawn
Drink – drank – drunk
Eat – ate – eaten
Fall – fell – fallen
Feel – felt – felt
Find – found – found
Forbid – forbade – forbidden
Forsake – forsook – forsaken
Freeze – froze – frozen
Give – gave – givenGrow – grew – grown
Have – had – had
Hang – hang – hung
Hide – hid – hidden
Know – knew – known
Lead – led – led
Learn – learned/learnt – learned/learnt
Leave – left – left
Lose – lost – lost
Mean – meant – meant
Pay – paid – paid
Prove – proved – proven
Ride – rode – ridden
Rise – rose – risen
Seek – sought – sought
Shoot – shot – shot
Shrink – shrank – shrunk
Sleep – slept – slept
Spend – spent – spent
Stand – stood – stood
Stink – stank – stunk
Stride – strode – striden
Swim – swam – swum
Swing – swung – swung
Think – thought – thought
Throw – threw – thrown
Understand – understood – understood
Wear – wore – worn
Weep – wept – wept




Gunakan Phrasal Verb dengan benar
Phrasal Verb adalah Verb yang terdiri dari dua kata, namun tetap dihitung sebagai satu kata kerja. Biasanya, Phrasal Verb dikombinasikan dengan sebuah Preposition. Makna dari Phrasal Verb ini kadang tidak straightforward, jadi anda harus menghafalkannya dan memahami penggunaannya dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris. Perhatikan contoh berikut ini!




I ran into my cousin last week

You have to make up your mind
I want to ask her out for dinner
He can’t hang out with us because he has to look after his mother
They always look down on me
Somebody breaks in and steals her laptop
The boss had to call off the meeting
I have to catch up with other students




dan lain sebagainya




Menggunakan Gerund dan To Infinitive

Selain Main Verb, sebuah kalimat Bahasa Inggris biasanya juga memiliki to infinitive dan Gerund. Beberapa Verb memang diikuti oleh to infinitive, sedangkan ada juga Verb yang hanya bisa diikuti oleh Gerund. Perhatikan contoh berikut ini!



I want to finish this homework as soon as possible



Kata kerja “want” biasanya diikuti oleh to infinitive dan tidak dapat diikuti oleh Gerund. Perhatikan contoh soal berikut ini!



Martha stopped ___________ because she had to move upstate with her husband



a. work

b. to work
c. working
d. is working




Kata kerja “stop” hanya bisa diikuti oleh Gerund, sehingga jawaban yang tepat bagi soal di atas adalah:



c. working  



Alasan mengapa kita tidak menggunakan to infinitive pada kalimat ini adalah karena penggunaan to infinitive akan merubah konteks dan makna kalimat secara keseluruhan. Perhatikan penjelasan berikut!



Martha stopped to work, artinya Martha berhenti untuk bekerja, yang berarti dia berhenti (dari pekerjaan sebelumnya) agar dapat mulai bekerja di tempat yang baru.



Akan berbeda ketika kita menulisnya sebagai:



Martha stopped working, yang berarti Martha harus berhenti bekerja sama sekali.



Gunakan Adverb dengan Benar
Pada soal Written Expression, terkadang anda akan menemukan soal dimana anda harus menentukan Adverb apa yang seharusnya bersandingan dengan sebuah Verb. Seperti yang kita tahu, Adverb juga memiliki bentuk yang beraturan maupun tidak beraturan. Perhatikan contoh berikut ini!



The (a) budget for (b) national defense (c) is significant (d) reduced



Pada contoh di atas, kita tahu bahwa kata yang mengandung grammatical error adalah opsi (d) significant. Harusnya, yang digunakan bukan Adjective significant, melainkan Adverb yang akan menjelaskan kata “is reduced”, yakni significantly. Jawaban yang paling tepat bagi soal di atas adalah:



d. significant  



Selain Regular Adverb, terkadang kita juga dihadapkan pada bentuk Adverb yang tidak beraturan, misal:



I have to (a) work hardly (b) to get a (c) decent (d)income



Satu kata yang mengandung grammatical error pada contoh di atas adalah “hardly” karena Adverb yang sesuai dengan kata “work” adalah hard, dimana work hard artinya adalah bekerja keras. Kata hardly dalam Bahasa Inggris artinya “hampir tidak” yang masuk ke dalam aturan almost negative dalam tes TOEFL. Tidak semua Adverb menggunakan akhiran -ly, dan Adverb yang tidak berakhiran -ly inilah yang disebut sebagai Irregular Adverb.



Jawaban yang paling tepat untuk contoh soal di atas adalah:

b. hardly  



S-V Inversion
Pada beberapa kasus, anda akan menemui soal dimana sebuah kalimat Bahasa Inggris tidak ditulis dalam bentuk S-V namun justru dibalik menjadi V-S. Hal ini disebut sebagai Subejct-Verb Inversion, dan biasanya disebabkan oleh adanya Adverb yang mendahului Subject dan Verb. Perhatikan contoh berikut ini!

Not only ____________, Laura also plays musical instruments


a. is she a painter

b. she is a painter
c. is painting
d. she paints

Pada contoh pertanyaan di atas, kita mencari opsi jawaban dimana posisi Subject dan Verb ditukar, sehingga opsi b dan d pasti salah. Opsi c tidak memiliki Subject sehingga tak mungkin menjadi jawaban. Jawaban yang paling tepat bagi kalimat di atas adalah:


a. is she a painter  



To be continued

Untuk artikel yang membahas penggunaan Noun dalam tes TOEFL, klik disini

0 Reviews

Write a Review