Siapakah penyelenggara TOEFL?

Mungkin masih banyak yang belum tahu siapa penyelenggara TOEFL. Maka dari itu ,
dalam postingan kali ini akan dijelaskan siapa penyelenggara TOEFL.

TOEFL International diselenggarakan oleh lembaga khusus, English Test Service (ETS), yang berpusat di Amerika Serikat. Lembaga ini memiliki perwakilan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, perwakilan ETS tidak hanya di Jakarta atau kota-kota besar di pulau Jawa saja. ETS menjalin kerjasama dengan perwakilan-perwakilan di berbagai daerah  di Indonesia, seperti Bogor, Medan, dan Makasar. Lembaga yang diserahi kewenangan menyelenggarakan TOEFL di Indonesia tidak seluruhnya merupakan lembaga kursus Bahasa Inggris. Di Bandung, misalnya, TOEFL dikelola oleh dua universitas yang memiliki Unit Pusat Bahasa (UPT), yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Sedangkan di Jakarta, TOEFL anatara lain dikelola oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Setiap tahun, ETS mengeluarkan jadwal tes yang akan diselenggarakan di seluruh dunia. Anda bisa melihat jadwal terbaru dengan mengakses situs ETS di www.ets.org.

Di banyak tempat, perwakilan penyelenggara TOEFL di negara masing-masing tidak hanya meneyediakan layanan TOEFL saja, tetapi sekaligus menyediakan kursus untuk menghadapi TOEFL atau meningkatkan skor TOEFL. Pada umumnya, materi yang diberikan kursus-kursus ini berupa penjelasan atau ulasan mengenai pokok-pokok yang diajukan dalam TOEFL, seperti grammar (tata bahasa), listening (menyimak/mendengar), dan reading (bacaan) untuk meningkatkan vocabulary (kosa kata). Lantas, diikuti dengan latihan-latihan ujian dan pembahasan soal-soal TOEFL. Simulasi TOEFL ini sangat penting bagi calon peserta TOEFL, terutama bagi yang belum pernah mengikuti bentuk ujian seperti TOEFL. Ujian TOEFL itu bentuknya seperti tes-tes yang diproses dengan komputer. Soal-soal berbentuk pilihan ganda (multiple choice),  

0 Reviews

Write a Review