Reduced Sentences

Kalimat Ringkas

Reduced sentence merupakan tipe kalimat yang umum digunakan oleh English native speakers. Pada dasarnya, reduced sentence merupakan Complex Sentence atau kalimat majemuk bertingkat yang diringkas atau disingkat menjadi simple sentence. Perubahan ini dilakukan dengan cara merubah Klausa menjadi Frasa dengan cara menghilangkan Subject dan Verbnya. Untuk lebih memahami, perhatikan contoh-contoh di bawah ini:

  • The man who stands in front of the office is my uncle.
    Reduced: The man standing in front of the office is my uncle.
    Who stands in front of the office merupakan anak kalimat / sub-clause dimana subject kalimatnya adalah “who” yang menggantikan “the man”, sedangkan verbnya adalah “stands”. Klausa ini diubah menjadi frasa dengan cara menghilang subject “who” dan menghilangkan verbnya dengan cara menggantinya menjadi present participle “standing”.
  • The library that was located in the downtown was fired last night.
    Reduced: The library located in the downtown was fired last night.
    Anak kalimat that was located in the downtown dapat diringkas dengan cara menghilangkan subject “that” dan verb “was” sehingga kalimatnya menjadi frasa located in the downtown.
  • I feel a bit confused when I learn English.
    Reduced: I feel a bit confused when learning English.
    Anak kalimat when I learn English dapat disingkat menjadi frasa dengan menghilangkan subject “I” dan merubah fungsi verb “learn” menjadi present participle “learning”.
  • The best-selling book that is available in that store is very expensive.
    Reduced: The best-selling book available in that store is very expensive.

    Anak kalimat that is available in that store dapat disingkat menjadi frasa dengan cara menghilangkan subject “that” dan verb “is” sehingga menjadi available in that store.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua kalimat dapat diringkas. Umumnya kalimat yang dapat disingkat adalah anak kalimat yang subjectnya sudah jelas atau pengulangan subject. Contoh:
  • The man who I gave money is my brother.
    Kalimat di atas tidak dapat disingkat menjadi The man who giving money is my brother karena akan memiliki makna menyimpang dari kalimat asalnya. Hal ini disebabkan karena subject pada kalimat utama dan subject pada anak kalimat tidak sama.
Demikian pembahasan kita kali ini. Terus berlatih ya. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komen di bawah ini ya. See you!

0 Reviews

Write a Review