Public Speaking Part II

You will learn more on how to be an effective public speaker

Image result for public speaking

Hi readers, welcome back di pembahasan public speaking part II. Hope you’re all doing awesome today. Selain hal-hal yang sudah admin share di pembahasan sebelumnya, berikut adalah beberapa hal yang tidak kalah pentingnya untuk menjadi English speaker yang fluent, berani, dan percaya diri ketika tampil di depan umum.Check them out!

 
6. Sharing your own stories. Menceritakan pengalaman atau cerita mengenai keterkaitan antara topik serta cerita kita adalah satu hal yang penting untuk membantu kita dalam berbicara.  Sejatinya manusia, kita pada dasarnya suka untuk bercerita dan suka untuk didengar. So, make sure kalian selipkan satu story ya ketika berbicara di depan umum agar audience bisa engaged atau relate dengan kehidupan pribadinya. Konon katanya, jika kita penyampaian kita berkesan bagi si pendengar, memory tersebut akan bertahan lebih lama di otak kita lho. 

7. Have some practise but try not to memorize the whole thing or you will be a mess when you forget a word.” Maksudnya latihan memang diwajibkan sebelum tampil, namun bukan dengan cara menghafal setiap detailnya. Bayangkan nich jika kalian lupa satu kata yang membuat kalian lupa keseluruhan isinya.Wah gak bisa dibayangkan betapa bingungnya kita diatas panggung kan? Yang terpenting adalah kita menguasai materi yang akan disampaikan. Sehingga jika ada satu masalah teknis yang terjadi, Kita bisa tetap berimprovisasi. 

8. Kenakanlah pakaian yang comfy atau nyaman. Jangan gara-gara ingin terlihat keren, kita malah merasa risih, ribet, berkeringat berlebih dan sebagainya yang menyebabkan turunnya kepercayaan diri.

 
9. Jika kalian termasuk seseorang yang mudah grogi atau nervous. Mungkin, salah satu tips yang bisa kalian coba adalah dengan memegang sesuatu di tangan contohnya pulpen, pensil atau pointer.Worth to try lho guys. 

10. Dan last but not least adalah tetap gunakan body gesture yang baik serta tidak terlalu banyak bergerak ketika kalian pada posisi berdiri. Gak lucu kan nantinya kalian terjatuh di panggung atau keseleo karna terlalu aktif.  

Baik sekian dulu pembicaraan kita mengenai tips-tips untuk menjadi English speaker yang baik ya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus practice. Karna practice will always be a crucial aspect in learning. 
Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya!

 

0 Reviews

Write a Review