Public Speaking Part I

“Nothing in life is more important than the ability to communicate effectively.”
—-Gerald R. Ford—

Image result for public speaking

Hello readers, hope you’re all having a great day. Hari ini admin akan membahas tips dan cara-cara untuk membantu kalian menjadi pembicara yang baik di depan umum, khususnya ketika berbicara dalam Bahasa Inggris ya. Anyway, semua pasti setuju kan kalo admin bilang berbicara itu adalah salah satu skill dalam Bahasa Inggris yang gampang-gampang sulit untuk dikuasai karena diperlukan cukup jam terbang dan pengalaman untuk tidak hanya sekedar mampu tapi juga berani untuk berbicara dengan fasih didepan umum walaupun kita sebenarnya merasa gugup. 

Pernah gak sich kalian sudah latihan berhari-hari namun ternyata pas hari H ternyata masih saja melakukan banyak sekali kesalahan. Padahal pas rehearsal semuanya berjalan baik-baik saja dan kelihatannya sudah sangat siap untuk perform. Ternyata, ada beberapa faktor yang mempengaruhi berkurangnya efektifitas dalam berkomunikasi yang admin kutip dari berbagai sumber baik online maupun offline antara lain nich yang pertama, si penerima pesan atau yang biasa kita sebut audience tidak memiliki background knowledge atau kemampuan untuk memahami pesan yang ingin kita sampaikan. Yang kedua, pesan atau informasi yang kita sampaikan mungkin belum dikemas secara menarik sehingga terkesan membosankan bagi si pendengar. Dan yang terakhir adalah tidak adanya kesamaan atau commonness yang terkait dengan pengalaman dan kejadian yang terjadi di real life si pendengar atau audience yang menyebabkan miskomunikasi atau tidak nyambung antara si speaker dengan audience. Nah gimana donk kita bisa speak and communicate well with our listeners and audiences? 
Baiklah, berikut langsung saja admin share ya beberapa tips yang bisa kalian gunakan ketika harus berbicara menggunakan Bahasa inggris di depan umum.

  

1. Usahakan informasi yang akan kita sampaikan mencakup 3C saja yaitu clear, correct, dan concise, Clear maksudnya jelas dan tidak bertele-tele. Correct maksudnya benar dan bisa dipertanggung jawabkan serta kalian punya source yang jelas jika memang harus disampaikan kepada para pendengar. Dan C yang ketiga adalah singkat dan padat atau tidak terlalu bertele-tele. Or let’s say to the point aja. 

2. Pastikan suara kalian cukup nyaring untuk di dengar audience. Tidak terlalu nyaring atau tidak terlalu lemah.

3. Kalian juga bisa bermain dengan volume suara agar tidak terkesan monoton sehingganpara pendengar merasa bosan. Terkadang kita harus berbicara lantang, terkadang kita bisa berbicara pelan atau bahkan berbisik untuk menarik perhatian pendengar.

 4. ‘Eye contact atau menatap mata audience juga tidak kalah pentingnya dengan hal-hal lain diatas. Jangan sampai ya, para pendengar merasa dicuekin.

5. ‘Smile’ taukah kalian bahwa tersenyum merupakan senjata yang paling ampuh lho untuk menarik perhatian ketika kita sedang berbicara di depan umum.



Sampai disini dulu yah, tunggu pembahasan lanjutan mengenai public speaking di part II. Have a great day everyone!


0 Reviews

Write a Review