Perbedaan “The Number of” dan “A Number of”

Image result for confused
Hi everyone. It’s been a while since the last post, but no worries, we won’t stop posting something beneficial about English learning. Well, hari ini kita ingin membahas tentang perbedaan kosakata lagi nih dan yang pastinya sering membingungkan, yaitu “the number of” dan “a number of”. Well, kedua kata ini sedikit membingungkan apalagi kedua kata ini sering muncul dalam test item TOEFL ITP pada section Written Expression. Kesalahan yang paling umum dilakukan adalah menentukan kata kerja pada subject yang berawalan “the number of” dan “a number of”. Di antara keduanya, yang mana menggunakan kata kerja tunggal? Pasti kebanyakan menjawab “a number of” bukan? Kedua ekspresi ini selalu diikuti oleh kata benda jamak, namun maknanya berbeda sehingga penggunaan kata kerjanya juga berbeda.
Banyak yang salah kaprah dengan penggunaan kata ini, banyak yang menilai jika subjek dari “a number of” harus menggunakan kata kerja tunggal (was, is, does, has, v+s/es) karena berawal dengan artikel “A” yang berarti sebuah. Namun, pandangan ini sangat keliru. A number of selalu diikuti oleh kata benda jamak, contohnya a number of students, a number of cars, a number of books dll. A number of memiliki makna yang sama dengan kata “Many” yang berarti “banyak”. Jadi, a number of students dapat ditransformasikan menjadi many students, a number of cars = many cars, a number of books = many books. Oleh karena itu, kata kerja yang cocok untuk subject yang menggunakan ekpresi “a number of..” adalah kata kerja jamak (were, are, V1, do, have). Contohnya, A number of students queued for the tickets.
Di sisi lain, “the number of..” dapat diartikan “sejumlah” atau “jumlah” dan termasuk kata benda tunggal sehingga kata kerja untuk subjek yang menggunakan ekpresi ini haruslah kata kerja tunggal (was, is, does, has, v+s/es). Contohnya, The number of buses parked in front of the building is more than a dozen, the number of students joining the camp was 25.
Sekian pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat ya. See you!

0 Reviews

Write a Review