Passive Voices / Kalimat Pasif

Image result for kalimat pasif
Kali ini kita akan membahasa tentang kalimat pasif. Tapi, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kalimat pasif? Ya, kalimat pasif adalah kalimat yang subjeknya merupakan objek pada kalimat aktif atau perubahan objek yang menjadi subjek dan memiliki makna “di-” atau “ter-“. Rumus kalimat pasif adalah sebagai berikut:
To Be + V3
Perhatikan contoh kalimat berikut ini:
  • I ate the bread.
    The bread was eaten by me.

    Subjek pada kalimat aktif di atas adalah I dan me berposisi sebagai objek. Dalam kalimat pasif, objek “me” diubah posisinya menjadi subjek sehingga kata kerjanya berubah menjadi pasif.

  • She buys some books.
    The books are bought by her.

    Subjek pada kalimat aktif adalah “she” dan objeknya adalah ” some books”. Dalam kalimat pasif, objek ini diubah menjadi subjek sehingga kata kerjanya juga ikut berubah menjadi pasif.

Dari dua contoh di atas, terlihat jelas bahwa pada kalimat pasif yang berfungsi sebagai subjek adalah objek pada kalimat aktif. Jadi, tidak semua kalimat memiliki bentuk pasif. Kalimat yang bisa diubah menjadi kalimat pasif adalah kalimat yang kata kerjanya membutuhkan objek atau disebut transitive verbs atau kata kerja transitif. Kalimat yang mengandung kata kerja intransitif tidak memiliki bentuk pasif.

Pada kalimat pasif di atas, kita juga menemukan adverb yang awalnya merupakan subjek pada kalimat aktif, seperti “by me” dan “by her”. Adverb ini disebut “agent”. Pada dasarnya, agent bukanlah bagian penting dalam kalimat pasif, sehingga meskipun agent tidak disebutkan, makna kalimatnya akan tetap jelas dan sempurna. Penyebutan agent dalam kalimat pasif hanya bertujuan untuk memberikan informasi tambahan mengenai pelaku.
Pada dasarnya, makna antara kalimat aktif dan pasif adalah sama. Namun, kita tidak bebas menggunakan kedua kalimat tersebut. Jika kita ingin fokus membicara pelaku maka sebaiknya kita menggunakan pola kalimat aktif, dan jika kita ingin fokus membahas tentang objek maka kita sebaiknya menggunakan pola kalimat pasif.
Agar lebih jelas, perhatikanlah contoh-contoh berikut ini!
  • The key was stolen by somebody.
  • The door was opened when I left the room.
  • He is told not to eat in that canteen.
  • I am examined by my personal doctor.
  • They will be punished if they do not obey the rules.
  • The cat will be sold tomorrow morning.

Demikian pembahasan kita kali ini. Semangat berlatih ya.

0 Reviews

Write a Review