KEGUNAAN DAN MANFAAT SERTIFIKAT TEST dan NILAI TOEFL

KEGUNAAN DAN MANFAAT SERTIFIKAT TEST dan NILAI TOEFL – Sejak ditemukan pada tahun 1963 TOEFL (Test of English as a Foreign Language) menjadi sebuat standarisasi bahasa internasional yang digunakan dibanyak instansi dan cakupannya juga telah mendunia bukan hanya berlaku untuk negara-negara maju namun juga berlaku untuk negara berkembang seperti Indonesia.
KEGUNAAN DAN MANFAAT SERTIFIKAT TEST dan NILAI TOEFL
Toefl pertama sekali diciptakan dan dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service) di New Jersey yang dulu hanya digunakan oleh masyarakat setempat untuk mengukur  kemampuan berbahasa inggris seseorang khususnya untuk melanjutkan pendidikan (akademis) kejenjang yang lebih tinggi, namun siapa yang menyangka sekarang hampir diseluruh penjuru bumi menggunakan Toefl sebagai standart bahasa inggris internasional.

KEGUNAAN DAN MANFAAT SERTIFIKAT TEST dan NILAI TOEFL


Menurut Indonesian International Education Foundation (IIEF) manfaat Toefl adalah di antaranya:
1.Digunakan untuk pendaftaran program short course dan non-degree program di negara-negara berbahasa Inggris.
2.Digunakan untuk pendaftaran ke program sarjana (S1) dan master di negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.
3.Digunakan untuk pendaftaran dan penempatan dalam program kolaborasi internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.
4.Untuk mendaftar program beasiswa ke berbagai negara – sebagai seleksi awal.
5.Untuk tes masuk program berbahasa Inggris yang membutuhkan bukti kemampuan bahasa Inggris akademik di level sarjana (S1) atau diploma.
6.Untuk memonitor perkembangan kemampuan bahasa Inggris khususnya yang memerlukan kecakapan/keahlian dalam bahasa Inggris akademik.
Sumber lain menyebutkan manfaat dari toefl adalah :
1. Untuk menyiasati beasiswa LPDP. Kalau universitas tempat kita akan belajar di luar negeri meminta skor bahasa inggris yang lebih rendah (misalnya IELTS 6, atau malah 5.5) tetap saja LPDP akan meminta skor TOEFL sebesar 550. Nah, TOEFL ITP ini bisa dipakai.
2. TOEFL biasa digunakan sebagai pra syarat (admission requirements) untuk mendaftar ke Sekolah Menengah Atas dan Universitas di dalam dan di luar negeri, juga untuk syarat memperoleh beasiswa.
3. TOEFL bagi para pelamar kerja maupun untuk kenaikan jabatan atau promosi.
4. Persyaratan untuk nilai Toefl tes CPNS untuk lembaga kementerian pusat.
Jadi Toefl itu sangat banyak manfaatnya, alangkah beruntungnya anda jika memiliki kecakapan berbahasa inggris (khususnya toefl) yang maksimal.
Semoga tulisan kali ini tentang KEGUNAAN DAN MANFAAT TES dan NILAI TOEFL dapat menginpirasi dan bermanfaat buat Anda.

Baca juga: KUMPULAN SOAL TOEFL TERBARU

0 Reviews

Write a Review