How to read fast: Skimming and Scanning

Image result for scanning skimming

Membaca cepat merupakan sebuah keterampilan yang sangat dibutuhkan dalam Reading, terlebih lagi pada saat menghadapi sebuah tes Bahasa Inggris seperti TOEFL, TOEIC, IELTS, dan sebagainya. Hal ini disebabkan karena waktu yang tersedia sangat terbatas dan kita diharuskan untuk mencari informasi tertentu yang terdapat dalam sebuah teks. Untuk itu, kita perlu menggunakan skill yang disebut Skimming dan Scanning. Skimming dan scanning pada dasarnya merupakan dua teknik membaca cepat, namun kedua teknik ini memiliki prosedur yang berbeda. Berikut penjelasan masing-masing.
  1. Skimming
    Skimming merupakan teknik membaca dengan cepat yang dilakukan dengan cara membaca main idea pada setiap paragraf yang terdapat dalam sebuah teks. Untuk bisa menggunakan teknik ini dengan baik, maka kita harus mampu mendeteksi main idea dari sebuah paragraf. Pada umumnya, main idea terletak pada kalimat pertama dalam sebuah paragraf (deduktif). Namun, pada beberapa jenis paragraf, main idea terletak pada kalimat terakhir (induktif), di tengah , maupun tersirat. Pada sebuah bacaan formal, main idea biasanya terletak pada kalimat pertama di setiap paragraf. Oleh karena itu, untuk melakukan teknik skimming, maka kita harus membaca setiap kalimat pertama pada masing-masing paragraf yang terdapat pada sebuah teks. Informasi yang dihimpun akan memberikan gambaran umum tentang apa yang menjadi topik bahasan dalam teks tersebut. Untuk menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan main idea dapat dijawab dengan menggunakan teknik skimming ini.
  2. Scanning
    Scanning merupakan teknik membaca cepat dengan memfokuskan pada pencarian kata kunci yang terdapat dalam teks. Berbeda dengan skimming, teknik ini biasanya digunakan untuk menjawab pertanyaan yang besifat detail. Jika kita membaca teks secara keseluruhan untuk mencari informasi yang dimaksud, sudah pasti kita akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk membaca banyak informasi yang tidak berhubungan dengan pertanyaan yang ada. Untuk dapat menggunakan teknik ini dengan baik, kita harus mampu menangkap informasi kunci atau kata kunci dari pertanyaan yang ada. Misalnya, “When did Albert Einstein die?”. Kata kunci pada pertanyaan tersebut adalah ‘Albert Einstein’ dan ‘die’. Selain itu kita juga harus terfokus pada kata tanya yang digunakan, yaitu ‘when’. Maka, kita harus mencari semua kata kunci yang berhubungan dengan waktu seperti tahun, bulan, durasi, jam dan sebagainya. Mungkin kita akan menemukan beberapa kata atau informasi yang berhubungan dengan waktu pada teks, namun tidak berarti bahwa kita harus membaca semua kalimat tersebut. Kita hanya fokus membaca kalimat yang berisi informasi waktu yang mengandung kata kunci Albert Einstein atau ‘die’ saja. Dengan begitu kita akan menghemat waktu yang ada untuk mengerjakan pertanyaan lainnya.

Demikian post untuk kali ini. Mengerti saja tidak akan cukup tanpa praktis dan latihan. So, keep trying ya guys. Remember, practice makes perfect! Good luck!

0 Reviews

Write a Review