“How are you?”

Welcome back readers!
Semoga semuanya dalam keadaan yang baik. Hari ini admin akan membahas  satu kesalahan umum yang sering kita ucapkan ketika mempratekkan Bahasa Inggris dalam keseharian kita. Yuk langsung aja kita simak kesalahan apakah itu?
‘How are you?’
Image result for how are you
Sejak pertama kali belajar mata pelajaran Bahasa Inggris, kita sudah terbiasa mendengar dialog seperti dibawah ini:
Teacher: Good morning students.
Students: Good morning.
Teacher: How are you?
Students: I’m fine thank you and you?
Teacher:I’m fine thanks.
Terdengar familiar bukan? Memang tidak ada yang salah dengan dialog pembuka diatas. Namun kebanyakan para pelajar pemula, terlalu mengeneralisasi contoh diatas sehingga ketika bertemu dengan teman ataupun kerabat biasanya pertanyaan “How are you?” hampir selalu dijawab dengan jawaban yang sama yaitu I’m fine thank you  and  you?”. Padahal pada kenyataannya jawabannya tidaklah harus selalu demikian bahkan dalam kondisi tertentu pertanyaan ini tidak memerlukan jawaban sama sekali melainkan hanya senyum atau lambaian tangan sebagai respon balasan.
Untuk lebih jelasnya ada baiknya kita bahas dulu apakah yang dimaksud dengan ‘How are you?’ dan dalam situasi apa kita bisa atau boleh mengucapkannya. How are you dalam Bahasa Inggris adalah termasuk ke dalam ‘Greeting’ atau dalam Bahasa Indonesia di kategorikan kedalam ‘sapaan’. Secara umum kita menggunakan ‘How are you?’ ketika ingin menanyakan kabar atau hanya sekedar menyapa ketika bertemu dengan teman-teman. Sebagai contoh ketika  kita bertemu dan bertatapan empat mata dengan teman ataupun lawan bicara.  Seperti  contoh dialog diatas misalnya, memang dialog tersebut sama sekali tidak salah . Namun ada kalanya, “How are you!” hanya bermakna “Hello” dan tidak memerlukan jawaban. Sebagai contoh ketika kita hanya berpapasan atau bertemu teman dijalan dan tidak memiliki cukup waktu untuk berbincang walaupun sebentar. Perhatikan contoh berikut!
Image result for greeting
David: Good morning Mike! How are you! (David terus berjalan sambil melambaikan tangan kepada Mike.)
Mike: Good  Morning! Have a good day David! (Mike pun terus berjalan dan tidak menjawab/merespon pertanyaan “How are you” dari David dan terus berjalan sambil mengucapkan “Have a good day David!”)
Contoh penggunaan ‘How are you’ diatas adalah salah satu sapaan yang sama maknanya dengan ‘Hello’ ataupun  Hi’ dalam Bahasa Inggris sehingga tidak memerlukan respon balik dari si lawan bicara.
Sebagai informasi tambahan, pertanyaan ‘How are you’ juga tidak harus selalu dijawab dengan jujur ya. Kecuali jika kita mempunyai hubungan yang cukup dekat dengan si lawan bicara. Sehingga walaupun kita sedang dalam kondisi kurang fit atau sedang dalam masalah, kita cukup menjawab dengan respon singkat seperti kolom di sebelah kanan dibawah ya.
Tidak perlu merespon seperti ini “Oh I’m not feeling OK because I have a lot of work to do” atau “I’m feeling rather sick.” Kecuali, jika kita memliki hubungan cukup dekat dengan si lawan bicara atau berniat curhat ya.
Selain ‘How are you’ kalian juga bisa menggunakan kalimat tanya lain, contohnya sebagai berikut:
How’s everything?
Good thank you, and you?
How are you doing?
Great, what about you?
How’s life?
Okay and you?
 Semoga memberikan pencerahan ya.  Keep practicing everyone!

0 Reviews

Write a Review