High Frequency Words

Image result for vocabulary
Vocabulary merupakan komponen bahasa yang sangat penting untuk dikuasai dalam mempelajari sebuah bahasa, seperti bahasa asing. Namun, pasti sangat sulit untuk mempelajari semua kosakata yang ada pada sebuah bahasa, bahkan bisa dibilang mustahil. Dalam Bahasa Inggris, terdapat lebih dari 20,000 vocabulary yang terdiri dari kata dasar atau headwords. Jumlah ini bisa dibilang sangat banyak dan akan sulit untuk mempelajari semuanya. Bahkan, seorang native speaker saja tidak mengetahui semua vocabulary yang ada dalam Bahasa Inggris.
Well, pada dasarnya tidak semua kata wajib atau penting untuk dipelajari karena tidak semua kata sering digunakan dalam kehidupan sehari-sehari. Dengan kata lain, beberapa kata bahkan tidak perlu untuk dipelajari karena mungkin tidak akan berguna bagi kita. Di sisi lain, setiap orang memiliki kebutuhan vocabulary yang berbeda sesuai dengan umur, tingkat pendidikan, atau bahkan bidang ilmu yang digelutinya. Contohnya, kosakata yang digunakan oleh mahasiswa jurusan teknik mesin pasti berbeda dengan kosakata yang digunakan oleh mahasiswa kedokteran. Hal ini menjadi bukti bahwa kedua mahasiswa yang berbeda jurusan itu memiliki kebutuhan vocabulary yang sangat berbeda sehingga dalam mempelajari vocabulary mereka harus memilih vocabulary yang dibutuhkan pada bidangnya. Memilih vocabulary secara acak bukanlah cara yang efektif karena bisa jadi kosakata yang dipilih tidak akan digunakan nantinya sehingga mempelajarinya bisa sia-sia.
Meskipun setiap orang memiliki kebutuhan vocabulary yang berbeda-beda, terdapat sekelompok kata yang sering digunakan oleh semua orang terlepas dari faktor umur, tingkat pendidikan, dan bidang keilmuannya. Kelompok kata ini disebut sebagai High Frequency Words. High frequency words merupakan kelompok kata yang paling sering digunakan dalam Bahasa Inggris, baik dalam situasi formal, non-formal, ataupun informal. Kata yang termasuk dalam kelompok ini berjumlah kurang lebih 2,000 s.d 3,000 kata dasar. Kelompok kata inilah yang wajib dipelajari oleh semua orang yang ingin menguasai Bahasa Inggris. Dengan menguasai high frequency words, seseorang dapat berpartisipasi dalam percakapan sehari-hari tanpa kendala yang berarti.
Menariknya, sebagian besar kata yang termasuk kelompok ini merupakan kata yang sudah familiar bagi kita, dan kebanyakannya pendek-pendek seperti the, an, and, I, etc. Kira-kira yang kata yang termasuk dalam kelompok ini apa saja ya? Check it here or you can visit Paul Nation’s website.

0 Reviews

Write a Review