Berbagai Jenis Soal Structure TOEFL dan ELPT (Part 2)

Berbagai Jenis Soal Structure TOEFL dan ELPT
image source: freepik.com



Structure and Written Expression adalah sub tes TOEFL dan ELPT yang menguji kemampuan anda memahami aturan grammar Bahasa Inggris. Beberapa orang menganggap sub tes ini sebagai bagian yang paling sulit dari tes TOEFL dan ELPT. Hal ini dikarenakan banyaknya aturan grammar dalam Bahasa Inggris, sehingga ada banyak hal yang harus dipelajari.


 Meski demikian, sebenarnya Structure dan Written Expression adalah sub tes termudah, dan ini dibuktikan oleh alokasi waktu Structure and Written Expression yang sangat sedikit. Bisa anda bayangkan, anda hanya memiliki waktu 25 menit untuk mengerjakan 40 soal, yang berarti anda hanya memiliki waktu sekitar 1.6 menit untuk mengerjakan satu soal. Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa soal Structure and Written Expression justru dianggap paling mudah. Berikut adalah beberapa alasannya:

Soal Structure and Written Expression umumnya sangat tipikal (mirip)


Aturan grammar dalam Bahasa Inggris tidak pernah dan tidak akan pernah berubah. Jika anda sudah menguasai aturan ini, anda pasti bisa mengerjakan soal Structure and Written Expression


Pada postingan sebelumnya, saya sudah memberikan beberapa contoh soal yang umum muncul di Structure and Written Expression TOEFL dan ELPT. Pada postingan kali ini, saya akan memberikan contoh soal yang paling sulit dan paling menjebak. Jenis soal ini bisa dikatakan cukup sulit dan sering muncul di TOEFL maupun ELPT, jadi silahkan sobat perhatikan benar-benar.




Mari kita mulai pembahasan kita dengan mencoba mengerjakan soal berikut ini!



It is difficult to _____________ special children

(A) rise

(B) raise
(C) rising
(D) raised


Contoh soal di atas berkaitan dengan transitive-intransive pairs. Kata kerja raise masuk ke dalam kategori transitive Verb yang membtuhkan direct Object, tidak seperti kata kerja rise yang tidak membutuhkan Object. Karena terdapat Object “special children” pada kalimat tersebut, sudah pasti jawaban yang paling tepat untuk soal di atas adalah (A). Ada tiga transitive-intransitive pairs yang sering muncul di soal Structure and Written Expression TOEFL dan ELPT, yaitu:


Kelompok transitive Verb


Lay, misal pada kalimat birds are laying eggs

Raise, misal pada kalimat it is hard to raise a child with special needs
Set, misal pada I set my book on the table and turned off the light



Kelompok Intransitive Verb

Lie, misal pada kalimat the man was lying on the street

Rise, misal pada kalimat hat sun rises from the East is a fact
Sit, I sit here for hours waiting for the next bus

Sekarang, perhatikan contoh soal Written Expression berikut ini!



Many people (A) raise (B) to power after joining (C) a (D) political party



Pada contoh soal di atas, kalimat tidak memiliki Object, sehingga bisa dipastikan kita akan menggunakan intransitive Verb. Dengan demikian, kita bisa langsung memastikan bahwa (B) adalah opsi yang mengandung kesalahan gramatikal.



Itu adalah salah satu contoh soal yang cukup sulit dalam sub tes Structure and Written Expression. Sekarang, coba kerjakan soal Written Expression berikut ini!


People prefer buying (A) cars made (B) in German (C) because they are more  good (D) and durable


Soal di atas berkaitan dengan Degree of Comparison. Anda mungkin sudah tahu bahwa Comparative akan menggunakan akhiran -er jika sebuah kata sifat memiliki jumlah syllable kurang dari tiga, dan akan menggunakan bentuk more…than jika kata sifat memiliki setidaknya tiga syllable. 

Aturan ini tidak berlaku untuk bentuk irregular Adjective seperti good. Bentuk Comparative good adalah better, sedangkan bentuk Superlativenya adalah best. Hal ini juga berlaku untuk kata sifat bad yang memiliki bentuk Comparative worse dan Superlative worst. Dengan demikian, bisa kita simpulkan bahwa opsi (D) mengandung kesalahan gramatikal.


Sekarang, perhatikan contoh soal Written Expression berikut ini!


For (A) a reason of safety, some (B) of the harmfulest (C) substances are strictly  regulated (D) in many countries 


Soal di atas berkaitan dengan penggunaan Superlative. Mungkin anda juga sudah tahu bahwa dalam kasus Superlative, akhiran -est akan dibubuhkan pada sebuah Adjective yang memiliki syllable kurang dari tiga, sedangkan bentuk the most + Adj… digunakan untuk Adjective yang jumlah syllable nya lebih dari tiga. 

Meski demikian, ada beberapa pengecualian untuk aturan ini, dan kata berakhiran -ful adalah salah satunya. Kata yang berakhiran -ful seperti harmful, awful dan dreadful biasanya memiliki bentuk Superlative the most + Adj… Dengan demikian, kita tahu bahwa opsi (C) pada contoh soal di atas mengandung kesalahan gramatikal. Kalimat di atas harusnya ditulis sebagai berikut:

“For a reason of safety, some of the most harmful substances are strictly regulated in many countries “

Sekarang, perhatikan contoh soal berikut ini!

A number of people ____________ allergies to peanut

(A) is having

(B) having
(C) are having
(D) they are having



Pada contoh soal di atas, terdapat frasa a number yang menunjukkan bahwa benda yang mengikutinya berjumlah lebih dari satu. Dengan demikian, kita tahu bahwa jawaban yang paling tepat bagi soal di atas adalah (C) are having. Jawaban (A) pasti salah karena to be is menandakan bahwa Subject berjumlah satu. Jawaban (B) salah karena kalimat di atas membutuhkan sebuah Verb, sedangkan having bukanlah sebuah Verb. Jawaban (D) juga salah karena kalimat tersebut sudah memiliki Subject a number of people dan tidak membutuhkan Subject “they” lagi. 

Mungkin anda terkecoh dengan article “a” pada frasa a number. Bukankah article a digunakan untuk benda berjumlah satu? Memang benar bahwa article a digunakan untuk benda berjumlah satu, namun ada aturan pengecualian dalam Bahasa Inggris, yang umum disebut sebagai notional concord, (disebut juga constructio ad sensum). Karena a number memiliki arti beberapa, maka kata benda yang mengikutinya juga harus dalam bentuk plural. Untuk mempelajari notinal concord lebih jauh, anda bisa membaca buku Randolph Quirk atau Paul Roberts.

Sekarang, perhatikan contoh soal Written Expression berikut ini!


The number (A) of gold found (B) by miners has (C) plummeted in recent  decades (D)


Pada contoh soal di atas, terdapat kesalahan gramatikal pada opsi (A). Number tidak seharusnya digunakan untuk uncountable Noun seperti gold. Untuk menjelaskan uncountable Noun, kata yang dipakai adalah amount, sehingga kalimat di atas harusnya ditulis sebagai:

“The amount of gold found by miners has plummeted in recent decades”

Sekarang, perhatikan contoh soal Written Expression berikut ini!

Many people now (A) use Liquified Petroleum Gas for cooking (B) because it is less costly (C) and more efficiently (D)


Soal di atas berkaitan dengan penggunaan Adjective dan Adverb. Sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa regular Adverb biasanya memiliki akhiran -ly, seperti carefully, gracefully, dan lain sebagainya. Meski demikian, ada juga Adjective yang memiliki akhiran -ly. Pada contoh soal di atas, terdapat kesalahan gramatikal pada opsi (D). 

Klausa terikat pada kalimat di atas memiliki Copular Verb “is” yang harusnya diikuti oleh Predicate Noun atau Predicate Adjective. Terdapat Predicate Adjective “costly” yang harusnya juga diikuti dengan Predicate Adjective yang lain. Kata “efficiently” bukanlah sebuah Adjective, melainkan Adverb. Kata costly pada kalimat di atas adalah salah satu Adjective yang memiliki akhiran -ly.


Perhatikan contoh soal Structure berikut ini!

____________ boils at a hundred degree Celsius is an undeniable fact

(A) That water

(B) That is water
(C) Water
(D) Water that


Pada contoh di atas, kita butuh sebuah Noun Clause sebagai Subject. Perlu anda ingat bahwa Noun Clause dengan Connector that dapat berada di posisi Subject. Karena kita butuh Subordinating Conjunction that, maka bisa dipastikan bahwa opsi (C) dan (D) salah. Kita sudah memiliki Verb boils dan tidak butuh Verb is lagi, sehingga opsi (B) juga pasti salah. Jawaban yang paling tepat bagi contoh soal di atas adalah (A), dimana kalimat di atas akan menjadi:


That water boils at a hundred degree Celsius is an undeniable fact


atau


It is an undeniable fact that water boils at a hundred degree Celsius


Demikian, pembahasan tentang beberapa contoh s
oal Structure and Written Expression TOEFL dan ELPT. Jika ada yang ditanyakan, langsung saja post di comment section. Postingan ini akan selalu di update, sampai materi Structure dan Written Expression ter-cover secara utuh. Akan ada beberapa case soal yang membantu sobat menerapkan rumus-rumus dan materi Structure TOEFL dan ELPT yang sobat pelajari.


Untuk membaca postingan mengenai soal Structure TOEFL dan ELPT yang sebelumnya, silahkan klik di sini

0 Reviews

Write a Review