Apa perbedaan (Jenis) dari PBT, CBT, IBT Test TOEFL

Pada kiriman (tulisan) kami sebelumnya mengenai KEGUNAAN DAN MANFAAT SERTIFIKAT TEST dan NILAI TOEFL maka pada kesempatan kali ini kami akan meneruskan pembahasan tentang Apa perbedaan (Jenis) dari PBT, CBT, IBT Test TOEFL.

Pengertian TOEFL (Test of English as a Foreign Language) yang kami kutip dari wikipedia berbahasa Indonesia adalah “Ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke kolese (college) atau universitas di Amerika Serikat atau negara-negara lain di dunia.

Apa perbedaan dari PBT, CBT, IBT Test TOEFL

Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar atau pembicara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia”

Apa perbedaan dari PBT, CBT, IBT Test TOEFL

Dalam kehidupan sehari-hari ternyata TOEFL terbagi lagi menjadi tiga jenis Toefl yaitu PBT (Paper Based Test) TOEFL, CBT (Computer Based Test) TOEFL dan IBT (Internet Based Test) TOEFL. Nah mari kita simak dengan seksama perbedaan dari ketiga jenis TOEFL dibawah ini :

a. PBT (Paper Based Test) TOEFL

PBT-TOEFL adalah bentuk TOEFL Test yang pertama kali dikeluarkan oleh ETS. Sistem test pada PBT-TOEFL menggunakan paper atau lembaran-lembaran kertas soal dan lembar jawaban yang harus diisi dengan pensil 2B.
Materi yang diujikan dulu adalah Listening, Structure, dan Reading dengan score range 310 – 677. Lama waktu test adalah 2 – 2,5 jam.

b. CBT (Computer Based Test) TOEFL

CBT-TOEFL adalah bentuk kedua, menggantikan PBT-TOEFL. Sistem test CBT-TOEFL tidak lagi menggunakan paper, tapi langsung dengan computer. Semua soal menggunakan softwere dan setiap soal langsung dijawab / dikerjakan di computer.

CBT pertama kali dikeluarkan pada tahun 1998. Namun di beberapa negara di Asia, khususnya Indonesia masih diperkenankan untuk menggunakan PBT (ITP-TOEFL) sebagai standar International TOEFL Test. Sehingga pamor CBT di Indonesia sangat minim. Bahkan hingga sekarang masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui apa itu CBT-TOEFL.

Materi yang diujikan adalah Listening, Structure, Reading dan Essay Writingdengan TOEFL score range 0 – 300. Essay Writing memiliki skala score terpisah yaitu 0 – 6. Lama waktu test adalah 2 – 2,5 jam.

c. IBT (Internet Based Test) TOEFL

IBT-TOEFL atau yang juga dikenal dengan Next Generation (NG) TOEFL adalah bentuk TOEFL Test terbaru yang dikeluarkan ETS dan mulai diluncurkan sejak tahun 2005, tetapi di Indonesia, baru mulai diberlakukan sejak tahun 2006. iBT-TOEFL adalah format TOEFL Testing kini berlaku sebagai standar International TOEFL Test yang diakui di dunia. ETS banyak melakukan perubahan pada format dan system TOEFL Test terbaru ini.

Sama dengan CBT-TOEFL, iBT-TOEFL juga menggunakan media computer untuk memunculkan soal test, hanya saja system test pada iBT menggunakan koneksi internet. Dengan demikian peserta test langsung terhubung on-line dengan ETS. Jawaban peserta langsung terkirim dan tersimpan ke database ETS di New Jersey.

Materi test yang diujikan adalah Reading, Listening, Speaking dan Writing,sedangkan Structure bukan berarti hilang, akan tetapi melebur dalam 4 (empat) kesatuan materi test yang diujikan tersebut.
Jenis soal yang dikeluarkan pada iBT-TOEFL Test tidak hanya Individual Test, tetapi juga ada Integrated Test, yaitu kombinasi soal dan cara menjawab. Misalnya: dalam satu soal speaking test akan muncul 2 (dua) materi soal test, yaitu sebuah paragraph (reading) diikuti dengan penjelasan seorang instructor tentang paragraph tersebut (listening), kemudian peserta test diharuskan menjawab soal yang muncul/terdengar dengan speaking skill. Lama waktu test adalah 4 jam.
Itulah tadi perbedaan dari PBT, CBT, IBT Test TOEFL yang mungkin selama ini tidak anda ketahui. Sebagai catatan, ketiga jenis TOEFL tersebut (PBT, CBT, IBT) dapat anda miliki disini

0 Reviews

Write a Review