10 Faktor Penyebab Sulit Mengerjakan Soal TOEFL Buat Gagal

TIPS TOEFL – Tahukah Anda bahwa Tes TOEFL adalah satu diantara banyak tes yang amat penting untuk dikuasai. Biasanya tes ini digunakan untuk mengukur kemampuan individu dalam berkomunikasi Bahasa Inggris baik lisan maupun secara tertulis.

Untuk itulah disini kami akan berbagi tips untuk mengerjakan soal-soal toefl yang bisa mengatasi kegagalan saat menyelesaikan tes TOEFL tersebut. Pada akhirnya Anda bisa lebih percaya diri dan siap untuk mengikuti ujian TOEFL.

1. Penyebab tes TOEFL terasa sulit bisa disebabkan karena minimnya persiapan yang dimiliki oleh seseorang. Persiapan yang dimaksut ialah kurangnya informasi yang ada hubungannya dengan belajar TOEFL sendiri. Terlihat sepele namun ini sangat penting untuk diketahui. Seandainya Anda tidak mengetahui informasi penting maka besar kemungkinan Anda akan mengalami hambatan dalam mempersiapkan diri dalam menguasai materi yang harus dipelajari sehingga yang ada persiapan pun tidaklah maksimal.

2. Masalah pengucapan. Kita ketahui memang Bahasa Inggris memiliki cara pengucapan yang berbeda dengan bahasa Indonesia sehingga akan membutuhkan upaya ekstra untuk belajarnya. Ini yang akan menjadi salah satu kendala terlebih ketika menghadapi SPEAKING SESSION Anda diwajibkan untuk bisa mengucapkan tiap-tiap kata dengan benar.

3. Kemampuan Mendengar Percakapan. Di dalam tes TOEFL keseluruhan percakapan dan lecture dilakukan oleh native speaker maka intonasi, pengucapan serta kecepatan berbicara seringkali akan menyulitkan Anda, Terlebih kalau Anda belum terbiasa mendengarkan native speaker.

4. Peserta ujian TOEFL merasa sulit mengerjakan tes bisa juga disebabkan kurang menguasai tata bahasa Bahasa Inggris. Tata bahasa menjadi sangat penting, baik itu dalam hal ujian verbal atau pun non-verbal karena kesalahan tata bahasa bisa saja merubah makna, contohnya ialah pembentukan kalimat aktif dan pasif. Bila tata bahasa yang Anda gunakan tidak tepat, tentu examinator akan kesulitan menangkap gagasan Anda, apa lagi bila dalam tes writing.

5. Masalah kekayaan kosa kata. Sangat wajar kalau seseorang mengalami kesulitan dalam mengucapkan dan berbicara bahasa inggris bila Anda tidak memiliki kosa kata yang cukup. Selain itu, dalam Bahasa Inggris, ada kata-kata yang memiliki makna ganda serta kata-kata yang membentuk idiom.
6. Masalah alokasi waktu. Di dalam tes TOEFL terdapat banyak soal yang musti diselesaikan dalam tempo yang cepat , oleh sebab itu Anda diwajibkan agar bisa mengefiensikan waktu Anda secara tepat dan efektif. Bila Anda gagal dalam mengatur penggunaan waktu Anda selama tes, waktu yang diberikan bisa jadi tidak cukup sehingga Anda tidak bisa mengerjakan semua soal dengan baik.

7. Ketersediaan fasilitas, seperti komputer, jaringannya, earphone dan microphone. Fasilitas-fasilitas itu bisa diibaratkan sebagai lembar kerja, oleh sebab itu apabila terjadi kerusakan pada fasilitas itu, tentu itu akan sangat berpengaruh pada jawaban yang Anda berikan.

8. Aspek psikologis Anda. Terkadang saat akan menghadapi tes ada perasaan gugup dan takut mengganggu konsentrasi Anda, menyebabkan Anda tidak mampu berpikir dengan jernih dan menjawab dengan tepat.

9. Kurangnya kemampuan dalam mengemukakan pendapat, baik secara lisan dan tertulis. Saat Anda tidak bisa mengungkapkan gagasan secara runtut dan jelas, tentu ini akan sangat berpengaruh pada penilaian Anda.

10. Kurangnya wawasan umum Anda. Inilah penyebab terakhir sulitnya mengerjakan soal-soal ujian TOEFL. Saat mengerjakan tes TOEFL Wawasan umum ini akan sangat dibutuhkan,terutama saat Anda harus membuat ESSAY berdasarkan tema yang diberikan. Saat wawasan kurang, tentu informasi yang Anda sampaikan pun sedikit.

Itulah Kesepuluh Penyebab Sulitnya Mengerjakan Soal-Soal Ujian TOEFL yang telah kami paparkan semoga bermanfaat, terima kasih.

0 Reviews

Write a Review